//
Perihal

Tokobarcode.net sebuah blog yang memberikan informasi tentang barcode dan aspek-aspek terkait yang berhubungan dengannya, mencakup barcode printer, barcode scanner, barcode label, barcode ribbon hingga software desain barcode


Printer Barcode

Printer barcode sering juga disebut dengan printer label adalah alat untuk mencetak barcode pada media kertas sticker maupun kertas tag. Untuk jenis toko retail minimarket atau supermarket, sekitar 70-80% barang saat ini telah diberi label etiket barcode pada kemasannya. Untuk produk yang masih belum ada barcode, anda bisa memberikan etiket barcode dengan menggunakan printer barcode. Umumnya, paket penjualan printer barcode sudah termasuk software untuk desain dan cetak. Software ini cukup mudah digunakan bahkan oleh orang awam sekalipun. Untuk jenis toko retail yang fashionable (barang musiman), seperti butik, busana muslim, toko fancy, toko hardware, penggunaan printer barcode adalah kebutuhan penting. Hal ini karena barang fashionable berubah-ubah dan barcode dari supplier pun biasanya bukan barcode standar, yang ada kemungkinan terdouble oleh supplier lainnya. Printer barcode ada beberapa macam dilihat dari sisi kemampuan kapasitas / print cycle per-month. Jenis barcode printer desktop mini adalah cukup populer. Namun kapasitas ribbon hanya mencapai 100Meter, jadi disarankan untuk memakai jenis desktop komersial yang mempunyai kapasitas ribbon 300 meter. Pemakaian jenis ini lebih menjamin beban kerja printer tidak overload sehingga lebih awet dan harga pun tetap masih terjangkau. Untuk kelas medium ini jenis yang kami sarankan adalah Postek G-2108 dan Postek C-168. Kedua merek dan tipe ini sudah banyak dipakai dan teruji kehandalannya. Khusus untuk Postek G-2108, kualitas cetaknya sangat sempurna dan ketersediaan dan harga spare-part, khususnya head lebih terjangkau.

Scanner Barcode

Barcode scanner adalah alat yang digunakan untuk melakukan scanning atau pembacaan kode barcode. Kode barcode adalah kode garis-garis vertical berwarna gelap (biasanya hitam) yang tercetak pada bidang terang (biasanya putih). Kode barcode ini berfungsi menggantikan kode barang manual dengan tujuan supaya pelayanan saat transaksi penjualan lebih cepat. Barcode scanner tidak hanya dipakai untuk toko retail saja, namun aplikasinya sangat luas. Barcode dipakai di hampir setiap bidang industri dan juga dipakai di warehouse untuk kebutuhan inventaris dan stok opnam. Aplikasi barcode juga dipakai untuk cek pembacaan di lokasi seperti dapat kita jumpai saat petugas PLN menscan barcode dirumah kita saat membaca meter listrik. Barcode scanner juga dipakai absensi karyawan yang menggunakan kartu barcode. Singkatnya aplikasi barcode scanner saat ini dapat dijumpai dibidang apapun.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: